Silam, Kisah Bocah 10 Tahun Tersesat Dalam Dunia Arwah


Rabu, 26 Desember 2018
Label: , ,

Review Film Silam (2018). Satu lagi film horor layar lebar Indonesia yang patut diacungin jempol. Film yang diberi judul “Silam” adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati dan juga turut menulis skenarionya. Film ini bergenre horor namun uniknya dibintangi oleh pemeran utama seorang anak kecil. Tentu saja ini menjadi daya tarik tersendiri dimana menyatukan dunia anak-anak ke dalam film horor yang pada umumnya lebih banyak mengisahkan orang-orang dewasa.

Ketidak biasaan ini juga diakui sendiri oleh sang sutradara Jose Poernomo dan produser Manoj Punjabi, yang sempat merasa kesulitan saat mencari pemeran utamanya yang pada akhirnya jatuh pada pilihan Zidane Khalid sebagai pemeran utama bernama Baskara.

Silam, Kisah Bocah 10 Tahun Tersesat Dalam Dunia Arwah

Beberapa artis terkenal seperti Wulan Guritno, Nova Eliza, dan Surya Saputra juga turut meramaikan film yang diproduksi oleh MD Pictures ini.

Sinopsis Lengkap Film Silam (2018)

Baskara (diperankan oleh Zidane Khalid) adalah seorang bocah berusia 10 tahun yang semenjak kepergian ayahnya yang meninggal dunia kerap mendapatkan perlakuan kekerasan dari ibunya yang bernama Fina (diperankan oleh Nova Eliza). Hal-hal wajar yang dilakukan oleh Baskara selalu saja dinilai salah oleh mata ibunya, alhasil ia kerap mendapatkan bentakan, amarah, kata-kata kasar yang keluar langsung dari mulut ibunya. Sehingga membuatnya tidak merasa nyaman lagi berada di rumah.


Sebagai seorang anak yang masih membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya, Baskara menjadi anak yang berkepribadian labil dan penyendiri, bahkan di sekolahnya pun, ia juga seringkali mendapatkan perlakuan kasar dari teman-temannya. Baik di rumah maupun di sekolah, membuatnya merasa bosan dan tidak betah. Hingga suatu hari ia memutuskan untuk kabur dari rumahnya. Ia memiliki tujuan hendak mencari rumah saudara kembar ayahnya yang bernama Om Anton (diperankan oleh Surya Saputra).

Akhirnya, saat yang direncanakan itu pun tiba, sebuah boneka kayu yang dibuat olehnya sengaja ditinggalkan untuk pengganti dirinya menemani ibunya. Bersama boneka itu juga diletakkan secarik kertas yang berisikan surat untuk ibunya.

Silam, Kisah Bocah 10 Tahun Tersesat Dalam Dunia Arwah

Sebelum pergi mencari rumah Om Anton, Baskara harus melewati sebuah acara yang diselenggarakan oleh sekolahnya yaitu mengunjungi sebuah tempat museum kuno. Sayangnya, di tempat tersebutlah menjadi titik awal dari ketegangan film ini berlangsung. Manakala Baskara disergap oleh beberapa teman jahilnya lalu memasukkannya ke sebuah ruangan yang konon katanya dilarang masuk karena sempat menjadi tempat seseorang gantung diri. Namun disitulah Baskara harus mengalami kekerasan dari teman-temannya yang dengan sengaja telah mendorong dia dengan keras sehingga jatuh terjengkang ke belakang dan kepalanya terbentur lantai.

Singkat cerita, Baskara terbangun dari tempatnya saat terjatuh dan terbentur, dengan kebingungan, ia menyadari bahwa saat itu ia masih berada dalam museum. Kejadian aneh pun tiba-tiba dialaminya, berbagai macam hantu-hantu arwah kerap ia jumpai dalam perjalanannya mencari rumah Om Anton.

Silam, Kisah Bocah 10 Tahun Tersesat Dalam Dunia Arwah

Akhirnya, Baskara berhasil menemukan rumah Om Anton. Di sana ia pun disambut ramah oleh Om Anton dan istrinya Tante Ami (diperankan oleh Wulan Guritno). Om Anton ternyata memiliki anak kembar yang bernama Amel (diperankan oleh Richelle Georgette Skornicki) dan Lia.

Mendapat perlakuan yang ramah dari keluarga Om Anton menyebabkan Baskara menjadi betah. Sayangnya, itu tidak berlangsung lama. Beberapa kejadian aneh, ganjil, bahkan menyeramkan selalu ia alami ketika malam tiba di rumah itu. Sepanjang hari yang ia lalui bersama keluarga Om Anton seolah-olah adalah sebuah proses yang selalu diulang-ulang. Seperti dejavu gitu...

Silam, Kisah Bocah 10 Tahun Tersesat Dalam Dunia Arwah

Hingga suatu saat ia pun dipertemukan dengan seorang gadis cilik bernama Irina (diperankan oleh Dania Michelle) yang ternyata juga memiliki kemampuan yang sama bisa melihat arwah. Mereka pun berteman. Namun, ketika Baskara diperkenalkan dengan Nenek Irina (diperankan oleh Anna Tairas) Baskara merasa tidak asing dengan raut wajah menyeramkan nenek Irina yang seringkali ia jumpai sedang melakukan ritual di depan rumah Om Anton.

Seiring berjalannya cerita, lambat laun satu-persatu mulai terungkap, ternyata, Om Anton dan keluarganya sebenarnya sudah meninggal semua karena peristiwa kebakaran. Jadi yang ditemui oleh Baskara adalah arwah-arwah mereka saja. Namun, cerita tidak berhenti sampai disitu, sosok arwah menyeramkan yang sering mendatangi dan mengganggu Baskara saat berada di rumah Om Anton menjadi titik paling menegangkan.


Irina beserta neneknya, akhirnya turun tangan membantu melakukan perlawanan terhadap sosok menyeramkan dan tidak bersahabat itu. Yang pada akhirnya membawa mereka kembali ke rumah Baskara dan menemui ibunya yang saat itu ternyata sedang melakukan ritual untuk membangkitkan kembali anaknya dari kematian.

Yup, disinilah Anda akan tersadar, sama seperti yang terjadi oleh Baskara saat itu, bahwa ia baru menyadari dirinya ternyata adalah sosok arwah. Karena ketika ia pulang ke rumahnya, Baskara melihat tubuhnya yang sudah tergeletak menjadi mayat di sebuah peti mati. Baskara mengingat kembali saat ia terbentur kepalanya, yang waktu itu kepalanya telah tertancap paku yang mencuat di lantai museum.

Perlawanan sengit melawan iblis yang menjalin kerjasama dengan ibu Baskara menjadi adegan terakhir yang paling menegangkan. Iblis itu merasuk ke dalam tubuh Fina dan mengamuk. Namun akhirnya, berkat bantuan nenek Irina, iblis jahat itupun berhasil dipindahkan ke dalam boneka kayu buatan Baskara. Kisah ini pun diakhiri dengan adegan mengharukan antara Fina dan arwah Baskara yang dibantu berdialog melalui Irina. Mereka pun berpelukan dari dua alam yang berbeda.

Sementara boneka kayu yang berisi roh jahat itu disimpan oleh nenek Irina disebuah lemari tembok.

Pemeran Film Silam (2018)
  • Zidane Khalid sebagai Baskara
  • Nova Eliza sebagai Fina ibunya Baskara
  • Surya Saputra sebagai Om Anton
  • Wulan Guritno sebagai Tante Ami
  • Rafael Ismy sebagai Azim
  • Dania Michelle sebagai Irina
  • Anna Tairas sebagai Nenek Irina
  • Richelle Georgette Skornicki sebagai Amel

Trailer Film Silam (2018)



-----------
  • Sutradara: Jose Poernomo
  • Produser: Manoj Punjabi
  • Penulis: Lele Laila dan Risa Saraswati
  • Pemeran: Zidane Khalid, Surya Saputra, Wulan Guritno, Nova Eliza, Anna Tairas, Richelle Georgette Skornicki, Dania Michelle, Rasyid Albuqhari, Rafael Ismy, Prilly Latuconsina dan Sandrinna Michelle Skornicki
  • Genre: Horor
  • Tanggal Rilis: 13 Desember 2018
-----------

Film Silam (2018) ini menurut saya adalah film horor yang benar-benar dikemas beda. Sosok anak kecil yang menjadi pemeran utama telah menghadirkan nuansa tersendiri bagi para penonton usia remaja dan anak-anak diseusia itu. Melihat dari efek gambar sudah jauh lebih canggih dan lebih internasional, mirip dengan film-film Hollywood dan horor luar negeri. Dari segi cerita, dan pesan yang tersirat akan mengena di hati para ibu dan anak yang menonton bersama. Tapi usahakan nontonnya jangan bawa anak kecil dibawah umur 13 tahun ya... Kasihan mereka jelas masih akan ketakutan.

Tapi, cukup lumayan untuk mengisi liburan yang menyeramkan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement


7 komentar:

  1. kalau tau selama ini ada blog ini, tentu saya ngga bakalan nonton di tuwentiwan terus setiap malam minggu....mendingan baca reviewnya aja disini....beres kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahayyy, wani piro???

      lbh enak jg nonton di bioskop loh Mang, apalagi bawa kripik ubi Cilembu tuh... manteeep bnr dah... :D

      Hapus
  2. Terimakasih review-nya, bakal saya cari ini filem hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk, jgn nonton film luar mulu mbak... majukan film Indonesia

      Hapus
  3. Film yang menegangkan, dijamin gak bikin ngantuk

    BalasHapus
  4. yang kayak gini takut-takut penasaran jadinya hehehehe

    BalasHapus