Man of Steel


Kamis, 07 Mei 2015
Label: , ,

Review Film Man of Steel, adalah sebuah film yang menceritakan tentang kelahiran si manusia baja Superman yang legendaris. Bagi pencinta kisah aksi superhero, film Man of Steel yang satu ini menurut saya film yang luar biasa dari Superman. Karena dengan melihat film ini kita benar-benar akan tahu sejarah kelahiran dari Superman si manusia baja itu. Dimulai dari kisah planetnya sendiri yang kemudian hancur hingga kisah kehidupannya di Bumi. Tidak tanggung-tanggung, film Man of Steel ini digarap oleh tiga orang ternama yaitu sebagai produser dipegang oleh Christoper Nolan yang sebelumnya pernah menggarap "The Dark Knight", lalu sebagai penulis David S. Goyer pernah juga andil dalam "The Dark Knight: Rises", dan yang ketiga sebagai sutradara dipegang oleh Zack Snyder yang pernah bergelut juga dalam film kolosal "300".

Review Film Man of Steel

Sinopsis Film Man of Steel

Film ini dimulai dengan cerita pergolakan yang terjadi di planet kelahiran Superman, yaitu Krypton. Nasib planet Krypton yang saat itu berada di ambang kehancuran, mengakibatkan terjadinya berbagai pemberontakan. Jenderal Zod (Michael Shannon) beserta pengikutnya ingin berkuasa dan mengancam para dewan.

Di lain tempat, seorang ilmuwan yang bernama Jor-El (Russell Crowe) beserta istrinya Lara-El (Ayelet Zurer) yang saat itu sedang mengandung anaknya Kal-El akhirnya bisa melahirkan anaknya secara normal dengan selamat. Ini merupakan kelahiran anak satu-satunya yang normal di planet tersebut. Namun, dengan adanya pemberontakan yang dilakukan oleh Jenderal Zod, maka Jor-El berinisiatif untuk menyelamatkan putranya dengan mengirimkannya ke Bumi melalui sebuah pesawat ruang angkasa. Dalam sel tubuhnya ia ditanamkan genetik codex sebagai cara untuk dapat melestarikan ras planet Krypton. Sayangnya, hal itu diketahui oleh Zod, lalu kemudian Zod membunuh Jor-El.

Review Film Man of Steel
Jor-El dan Lara-El

Review Film Man of Steel
Jenderal Zod

Setelah kejadian pembunuhan itu, Zod akhirnya tertangkap dan dilemparkan ke zona bayangan untuk menjalani hukuman beserta para pengikutnya. Tapi sayang, ketika akhirnya planet Krypton meledak, ledakannya menyebabkan Zod pun terbebas dari zona bayangan. Kini, tujuan Zod adalah mencari dimana keberadaan putra Jor-El.

Dari sini, cerita kemudian beralih ke planet Bumi, dimana saat itu usia Superman yang memiliki nama Clark Kent (Henry Cavill) sudah beranjak dewasa, ia dijadikan anak angkat oleh Jonathan (Kevin Costner) dan Martha Kent (Diane Lane) yang memang tidak sengaja menemukan pesawatnya jatuh ke dalam wilayah dekat rumah mereka. Kehidupan Clark Kent memang spesial, sebab fisiologi tubuhnya jelas berbeda dengan orang-orang di Bumi, ia memiliki kekuatan yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh orang-orang Bumi, hal inilah yang menyebabkan ia harus menjalani masa-masa kecil yang rumit, dan membingungkan, terlebih lagi ketika suatu kejadian mengharuskan dia menggunakan kekuatannya untuk menolong teman-teman sekolahnya. Dari situlah ia mulai dikenal sebagai sosok seseorang yang 'aneh' di mata teman-temannya.

Sejak itulah rasa penasarannya mulai timbul, ia mulai mencari tahu siapa jati dirinya. Dengan memperoleh keterangan yang tidak begitu cukup memuaskan dari orang tua angkatnya, sedikit demi sedikit ia mulai memahami tentang dirinya, apalagi setelah akhirnya ia terbang menuju ke Arktik untuk menyelidiki sebuah pesawat Krypton yang terdampar disana.

Review Film Man of Steel
Clark Kent

Dalam pesawat luar angkasa yang asing tersebutlah mulai terjawab kisah tentang identitas dia yang sebenarnya, setelah ia bertemu dengan sosok ayahnya Jor-El yang telah diabadikan dalam bentuk hologram. Dari keterangan yang diberikan hologram ayahnya itulah ia akhirnya mengetahui kisah dari awal mula hingga akhirnya ia bisa sampai ke Bumi. Sayangnya, ketika ia sedang menyelidiki pesawat itu, ia tidak mengetahui bahwa seorang wanita yang berprofesi sebagai wartawan di Daily Planet ikut menyelinap. Dialah Lois Lane (Amy Adams), yang saat itu sedang bertugas menulis cerita tentang adanya penemuan pesawat tersebut. Namun, kehadiran Lois Lane dalam pesawat itu, menyebabkannya terluka, untung berkat Clark ia bisa terselamatkan. Sejak saat itu, Lois Lane penasaran dan berniat ingin mengorek cerita tentang Clark Kent yang penuh misteri, ia pun menuju ke tempat orang tuanya dan mendapatkan cerita lengkapnya langsung dari Clark Kent sendiri, akan tetapi justru setelah mengetahui kisah yang sebenarnya, ia memutuskan untuk tidak akan mengungkap rahasia Clark Kent.

Review Film Man of Steel
Lois Lane

Yang tidak diketahui oleh Clark, ternyata pesawat Krypton yang membawanya ke Bumi mengirimkan sebuah sinyal, yang akhirnya ditemukan oleh Jenderal Zod bersama pasukannya. Zod pun akhirnya mengikuti sinyal itu ke Bumi dan mengancam penduduk Bumi untuk segera menyerahkan Kal-El kepadanya, sebab ia yakin bahwa Kal-El memiliki codex genetik dari Krypton. Dan bermaksud ingin mengubah Bumi menjadi Krypton baru. Dari sinilah akhirnya pertempuran sengit pun terjadi antara tentara pasukan di Bumi dan pasukan Zod. Sayangnya, pertempuran yang tidak seimbang itu justru mengakibatkan banyaknya kehancuran di pihak pasukan Bumi, Clark Kent pun tidak berdiam diri, melihat hal itu ia pun segera membantu pasukan Bumi. Awalnya, ia disangka berkomplot dengan pasukan Zod, hingga akhirnya ia pun ditangkap dan diinterogasi oleh pihak militer. Namun, itu tidak berlangsung lama, sebab pasukan Zod semakin gencar melakukan penyerangan, dengan tekad yang kuat, Clark Kent yang mendapat julukan “Superman” pun ingin membuktikan bahwa ia berada di pihak yang benar, ia tidak berpihak pada Zod.

Review Film Man of Steel

Sementara itu, Zod yang berniat ingin mengubah Bumi menjadi Krypton, memulai prosesnya di Metropolis dan Samudra Hindia. Dengan memakai mesin khususnya yang dapat mengubah dunia, ia pun akhirnya menjalankan mesin tersebut. Akan tetapi, Superman memiliki sebuah ide yang dapat membuka portal untuk mengirimkan kembali pasukan Zod ke zona bayangan. Dengan dibantu pasukan militer, akhirnya rencana dia pun berhasil mengirim anggota pasukan Zod ke dalam zona bayangan. Kini hanya Zod yang masih tetap tertinggal di Bumi, perkelahian Zod dan Superman pun dilanjutkan manakala Zod berniat ingin membunuh penduduk Bumi untuk membalaskan dendamnya. Dengan terpaksa, Superman pun akhirnya membunuh Zod.

Seiring waktu berjalan, Superman akhirnya dipercaya oleh penduduk Bumi dan pemerintah Amerika, dalam hal memberantas kejahatan di muka Bumi. Namun untuk hal itu, Superman harus tetap menjaga identitas rahasianya sebagai seorang Clark Kent yang bekerja menjadi reporter di Daily Planet bersama dengan Lois Lane. Yang mana nantinya akan memulai sebuah perjalanan panjang dia sebagai si manusia baja Superman. Dan simbol yang tertera di dadanya yang menyerupai huruf “S” telah cukup mewakili namanya yang akan menjadi legenda.

---------------
  • Director: Zack Snyder 
  • Writer: David S. Goyer 
  • Stars: Henry Cavill, Amy Adams, Michael Shannon, Diane Lane, Kevin Costner, Laurence Fishburne, Antje Traue, Ayelet Zurer, Russell Crowe 
  • Genre: Aksi, Superhero 
  • Release: 14 Juni 2013

Menonton film Man of Steel ini tiada hentinya saya merasa kagum, sebuah film yang betul-betul digarap dengan sangat baik, setiap detail ceritanya telah dapat mengungkap kisah latar belakang planet kelahiran "Superman" yang jujur baru saya ketahui. Cocok untuk Anda yang menyukai film aksi superhero. So, jangan lewatkan baca Review Filmnya disini. Nikmati trailernya disini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement


0 komentar:

Posting Komentar