Battleship


Sabtu, 09 Mei 2015
Label: , , , ,

Review Film Battleship, adalah sebuah film yang diproduksi oleh Peter Berg, yang menceritakan tentang kisah pertempuran armada laut dengan pesawat alien di atas lautan demi mempertahankan planet Bumi. Film ini memang terinspirasi dari sebuah permainan game klasik Hasbro yang bercerita tentang pertempuran laut. Battleship dibintangi oleh Taylor Kitsch sebagai Letnan Alex Hopper, yaitu seorang perwira Angkatan Laut yang mengemban tugas dalam kapal tempur USS John Paul Jones. Sementara itu Sam Shane, seorang terapis fisik dan juga tunangan Hopper diperankan oleh Brooklyn Decker. Serta masih banyak lagi, diantaranya Alexander Skarsgård, Rihanna, dan Liam Neeson. Film ini mulanya akan dirilis pada tahun 2011, tetapi dijadwalkan ulang pada 18 Mei 2012. Banyak sekali ledakan yang akan Anda jumpai dalam film ini, yang kesemuanya lebih banyak menceritakan di atas lautan.

Review Film Battleship

Sinopsis Film Battleship

Film ini dimulai dengan aktifitas dari pemancar radio transmisi di Hawaii yang berusaha melakukan kontak dengan sebuah planet yang mirip dengan bumi, sebut saja planet G. Mereka percaya bahwa planet tersebut adalah planet yang berpenghuni, maka mereka melakukan transmisi mengirimkan sinyal bermaksud untuk melakukan kontak dengan alien penghuni planet G.

Sayangnya, apa yang mereka pikirkan tentang 'alien yang ramah' bukanlah sesuatu yang benar adanya. Sebab, tidak dalam jangka waktu yang lama, sinyal yang mereka kirim mendapatkan respon dengan datangnya pesawat alien yang hendak menginvasi Bumi.

Sebanyak 5 buah objek asing yang diduga adalah pesawat alien meluncur cepat masuk ke dalam atmosfer Bumi. Dikarenakan sebuah pesawat mereka ada yang menabrak satelit dan hancur serta jatuh ke Hongkong, keempat dari mereka pun terjun memasuki wilayah Hawaii, tempat dimana transmisi sinyal dikirimkan, salah satu tempat pendaratan mereka adalah tercebur ke area laut. Kini, sasaran mereka adalah tempat transmisi, dimana mereka akan menggunakannya untuk menghubungi rekan-rekan mereka di planet G.

Review Film Battleship
Alien

Seketika itu juga, terjadilah pertempuran sengit antara armada laut AS yang kebetulan sedang berlatih perang di Hawaii dengan pesawat alien yang memiliki teknologi robot yang canggih, aliennya sendiri digambarkan rupanya seperti mengenakan baju robot. Sedangkan pesawat alien yang terlihat begitu besar memiliki semacam teknologi perisai yang mereka pancarkan hingga menutupi seluruh kepulauan Hawaii. Sehingga menyulitkan armada sekutu untuk bisa masuk ke wilayah yang tertutup oleh perisai energi. Hanya ada 3 kapal destroyer saja yang kebetulan terlanjur berada di area dalam perisai energi, yaitu dua kapal AL AS dan satu kapal AL Jepang, meskipun mereka dilengkapi dengan peluru kendali (DDG) namun tetap saja pesawat alien lebih unggul, sebab dilengkapi dengan teknologi anti radar dan peluru kendali tidak dapat menguncinya.

Review Film Battleship
Gasing terbang milik alien

Selain itu juga, pesawat alien pun memiliki senjata peluru artileri dan senjata gasing terbang yang berkekuatan menghancurkan segalanya. Gasing terbang inilah yang paling ditakuti oleh seluruh armada. Yang pada akhirnya kekuatan alien telah sanggup menghancurkan 2 kapal armada USS Sampson (DDG-102) dan destroyer Jepang JDS Myoko (DDG-175). Kini yang tersisa tinggal sebuah kapal saja yaitu USS John Paul Jones (DDG-53) dipimpin oleh Alex Hopper (Taylor Kitsch), bintang utama dalam film ini.

Review Film Battleship

Pertarungan luar biasa antara USS John Paul Jones dengan pesawat alien pun dimulai.

Strategi adalah kunci utama yang diperlukan untuk memenangkan pertempuran yang tidak seimbang ini. Satu persatu jagoan dalam film ini pun akhirnya tewas, kakak Alex Hopper tewas bersama kapalnya, Kapten John Paul Jones juga tewas terkena ledakan. Kini, Alex yang menjadi perwira tertinggi secara otomatis bertanggung jawab menjadi kapten di kapalnya.

Kapten Nagata, yang berhasil diselamatkan dari kapalnya yang meledak ternyata memegang peranan penting dalam menggapai kemenangan. Strateginya yang brilian telah sanggup menghancurkan sekaligus dua buah kapal alien dengan rudal Tomahawk tanpa radar pengunci target. Ternyata Kapten Nagata memanfaatkan deteksi tsunami NOAA untuk mengetahui riak air sehingga dapat dengan jelas memantau lokasi kapal alien yang sedang bergerak di air. Kini, setelah dua kapal alien hancur, hanya menyisakan dua kapal lagi, kapal induk yang memegang kendali perisai energi dan kapal tempur. Sayangnya kapal tempur alien yang tinggal satu lagi bergerak secara tidak jelas atau zig zag yang menyebabkan sulit untuk menentukan lokasi secara tepat, sehingga rudal yang diluncurkan pun meleset tidak mengenai sasaran.

Review Film Battleship
Alex berhadapan dengan alien

Belajar dari pengalaman, Alex Hopper yang pernah berhadapan langsung dengan alien, ketika ia menemukan alien yang jatuh pingsan, memberikan ia gambaran tentang kelemahan alien. Ternyata, mata alien sangatlah peka terhadap sinar matahari. Dari sinilah, Alex mencoba sebuah strategi penyerangan, dimana ia akan mengejutkan alien dengan sinar matahari yang sebentar lagi akan muncul tepat dibalik bukit. Dan benar saja, strategi ini berhasil ia lakukan, dengan bantuan sinar matahari yang mengejutkan itulah, kapal USS John Paul Jones menembakkan rudal ke arah kapal alien yang pada saat itu tidak bisa melihat jelas karena terhalang sinar mataahari. Alhasil hancurlah kapal alien tersebut.

Sementara itu, pacar Alex, Sam Shane (Brooklyn Decker) yang menjadi seorang terapi untuk veteran cacat berhasil menghubungi Alex dan memberitahu tentang rencana alien yang sedang memanfaatkan alat pemancar sinyal untuk mengirimkan sinyal memanggil bala bantuan dari planet mereka, Planet G. Sayangnya, setelah John Paul Jones berhasil menghancurkan kapal tempur alien yang terakhir, datanglah gasing terbang yang dilepaskan oleh kapal induk alien dan meluluh lantakkan kapal John Paul Jones.

Review Film Battleship

Review Film Battleship

Review Film Battleship

Disinilah muncul harapan terakhir, Alex Hopper dengan begitu mantapnya meminta bantuan dari para veteran PD II untuk dapat mengoperasikan kembali Battleship USS Missouri yang sebenarnya sudah menjadi museum di Pearl Harbour. Hal inipun disambut baik oleh para veteran, mereka siap membantu dengan sekuat tenaga mereka. Kini, Battleship Missouri pun akhirnya berhadapan dengan kapal induk alien yang memegang kendali atas perisai energi. Dengan teknik tempur yang unik, Missouri ternyata bukan hanya sekedar kapal yang bisa dijadikan penghuni museum saja, tetapi juga kapal tempur yang memiliki daya tahan luar biasa. Pada akhirnya, kapal induk alien pun dapat dihancurkan. Maka dengan hilangnya perisai energi, pesawat tempur komando Pasifik yang sebelumnya tidak bisa masuk ke dalam area, akhirnya dapat melakukan serangan bantuan.

Hanya dengan satu peluru berpeledak maha dahsyat (HE), mereka dapat menghancurkan pemancar transmisi yang dikuasai oleh alien, tepat sebelum transmisi itu mengirimkan sinyalnya ke planet alien. Kemenangan akhirnya diperoleh. Alien pun tidak bisa melanjutkan rencana jahat mereka.

Review Film Battleship

----------------
  • Director: Peter Berg 
  • Writer: Jon Hoeber, Erich Hoeber 
  • Stars: Alexander Skarsgård, Taylor Kitsch, Brooklyn Decker, Liam Neeson, Rihanna 
  • Genre: Petualangan, Aksi, Sci-Fi, Fantasy 
  • Release: 18 Mei 2012

Film Battleship ini mengingatkan kita pada pertempuran robot di film Transformers. Penuh ketegangan, ledakan, dan teknologi canggih. Anda tidak akan menyesal menontonnya. Meskipun banyak yang berpendapat, ada titik-titik kelemahan dalam plot ceritanya, namun menurut saya, alur ceritanya sudah cukup mengalir dengan baik. Silahkan dibaca Review Filmnya disini. Lihat trailernya disini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement


0 komentar:

Poskan Komentar